Ahad, 16 April 2023

Hubungan Minangkabau dengan Patani, Thailand.

 

Cerita rakyat di Sumatra Selatan dengan cerita rakyat di Patani khasnya di sekitar Kawasan Kerajaan Sai dulu. Penulis sendiripun memdengar cerita rakyat ini dari ibu semenjak kecil lagi. Cerita rakyat Malim Kundang  di Sumatra Selatan sama dengan cerita rakyat lahirnya Pulau Jelapi yang terletak di perairanan tak jauh dari sekitar Kawasan Kerajaan Sai dulu. Cerita rakyat yang berkonsep anak menderhaka kepada ibunya dan akhirnya anak dijadi batu.

 

Seperti kisah Malin Kundang di Sumatra  dan kisah Pulau Jelapi di Daerah Sai.  Bermula dengan di sebuah perkampungan nelayan Pantai Air Manis di Padang, Sumatera Barat.


Mande Rubayah sangat menyayangi dan memanjakan Malin Kundang. Malin kemudian tumbuh menjadi seorang anak yang rajin dan penurut. Ketika Mande Rubayah sudah tua, ia hanya mampu bekerja sebagai penjual kue untuk mencupi kebutuhan dirinya dan anak tunggalnya. Suatu hari, Malin jatuh sakit keras, hingga nyawanya hampir melayang namun akhirnya ia dapat diselamatkan berkat usaha keras ibunya. Setelah sembuh dari sakitnya ia semakin disayang. Mereka adalah ibu dan anak yang saling menyayangi.


Saat dewasa, Malin memohon untuk merantau agar dapat mengubah nasibnya dan ibunya.

karena saat itu sedang ada kapal besar merapat di Pantai Air Manis. Mande Rubayah mengizinkan Malin untuk merantau, ia pun memberikan bekal nasi berbungkus daun pisang sebanyak tujuh bungkus untuk Malin Kundang.


Bertahun-tahun tak ada kabar, Mande Rubayah mendapat kabar Malin telah menikah dengan putri bangsawan. Penduduk desa menyambut kapal yang datang, terlihat sepasang anak muda yang berdiri di anjungan. Mande Rubayah yang menghampiri dan memeluk Malin karena takut kehilangan anaknya lagi


Malin terkejut karena dipeluk oleh ibunya dan istrinya pun juga merendahkan Mande Rubayah. Malin tidak mengakui ibunya dan menendang Mande Rubayah hingga terkapar di pasir sambil menangis


Mande Rubayah berdoa dengan hatinya yang pilu dan kemudian langit berubah menjadi gelap.

Datang badai besar yang menghantam kapal Malin Kundang dan tampak sebongkah batu yang menyerupai tubuhnya. Di pinggir pantai ditemukan batu yang menyerupai tubuh manusia.


Pak Zawawee PakdaAmeen mengatakan cerita rakyat Pulau Jelapi di Patani ini adalah cerita anak menderhaka kepada ibu. Cerita rakyat Pulau Jelapi hampir sama dengan cerita rakyat Malin Kundang.




Tiada ulasan: